5 Bahasa Pemrograman Yang Sulit Dipahami


Pada artikel ini saya akan sedikit membahas tentang beberapa bahasa pemrograman yang aneh, yang dibahas oleh "Martin Angelov" pada situsnya. Saya tertarik untuk memosting ulang pada blog pribadi saya ini karena memang sangat menarik untuk disimak, baik sebagai pengetahuan ataupun hanya untuk sekedar informasi.

Pada dasarnya bahasa pemrograman dibuat dan dikembangkan untuk berbagai keperluan, baik untuk pendidikan ataupun untuk memecahkan masalah-masalah yang sederhana sampai yang sangat kompleks. Ada beberapa bahasa pemrograman yang memiliki kode program / syntax yang mudah dipahami dan ada juga yang sulit untuk dipahami, mungkin sepaham dengan istilah bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah yang mungkin istilah itu lebih familiar bagi para programmer.   

Berikut di antaranya :

1. LOLCODE

Bahasa programan ini dibuat pada tahun 2007 oleh Adam Lindsay pada risetnya di Lancaster University.
Bahasa pemrograman ini menggunakan huruf kapital pada syntax nya. Berikut contohnya:

HAI
CAN HAS STDIO?
I HAS A VAR
IM IN YR LOOP
   UP VAR!!1
   VISIBLE VAR
   IZ VAR BIGGER THAN 10? KTHX
IM OUTTA YR LOOP
KTHXBYE

2. GLASS

Merupakan bahasa pemrograman esoteris yang dikembangkan oleh Gregor Richards pada tahun 2005. Ini menggabungkan notasi postfix unintuitive dengan titik berat pada objek-orientasi. Berikut contohnya untuk menampilkan Fibonacci Sequence :

{F[f(_a)A!(_o)O!(_t)$(_n)1=,(_isle)(_n)*(_a)(le).?=/(_isle)^\(_n)*(_a)
s.?(_t)f.?(_n)*(_a)s.?(_t)f.?(_a)a.?]}{M[m(_a)A!(_f)F!(_o)O!(_n)=(_nlm)
=/(_nlm)(_n)*(_f)f.?(_o)(on).?" "(_o)o.?(_n)(_n)*(_a)a.?=(_nlm)(_n)*
(_a)(le).?=\]}

3. BRAINFUCK

Brainfuck memiliki syntax program yang sangat tidak jelas. Hal ini sangat sulit untuk digunakan, dimana hanya dengan delapan perintah sederhana dan instruksi pointer. Hal ini dirancang untuk menantang dan menghibur programmer, dan tidak cocok untuk penggunaan praktis. Diciptakan pada tahun 1993 oleh Urban Müller. Berikut ini adalah contoh program untuk menampilkan "Hello Word!":

++++++++++[>+++++++>++++++++++>+++>+<<<<-]>++.>+.+++++++..+++.>++.
<<+++++++++++++++.>.+++.------.--------.>+.>.

4. CHICKEN

Ayam tidak hanya nama bahasa, tetapi juga satu-satunya kunci yang diperbolehkan di dalamnya! Jumlah pengulangan dan jalur baru menentukan opcode yang dijalankan. Contoh program berikut. Dapatkah Anda menebak apa yang dilakukannya?

chicken chicken chicken chicken chicken chicken chicken chicken chicken chicken chicken
chicken chicken chicken chicken chicken chicken

5. WHITESPACE

Whitespace adalah bahasa pemrograman yang luar biasa. Ia mengerti hanya spasi, tab dan baris baru, dan mengabaikan segala sesuatu yang lain. Hal ini memungkinkan untuk memiliki program reguler yang ditulis dalam bahasa lain seperti JavaScript, lekukan yang merupakan program dalam spasi! Berikut adalah contoh yang mencetak (spasi ditandai dengan S dan tab dengan T a) "Hello, world!":

S S S T S S T S S S
T
S S S S S T T S S T S T
T
S S S S S T T S T T S S
T
S S S S S T T S T T S S
T
S S S S S T T S T T T T
T

S S S S S T T S S T S S
T
S S S S S T S S S S T
T
S S

Cukup sekian dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda.

Sumber : UnderXploit Reborn


EmoticonEmoticon