LANGKAH - LANGKAH FOOT PRINTING





(Iam Just Newbie)
 





Title : Foot Printing
Sumber : mbah Google


Footprinting adalah segala kegiatan mengumpulkan informasi target yang akan di-hack sistemnya, sebelum melakukan penguasaan sistem sesungguhnya. Atau Footprinting, merupakan seni mencari / mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan target yang akan diserang.


LANGKAH - LANGKAH FOOT PRINTING
Pada dasarnya ada empat (4) langkah utama yang biasanya dilakukan untuk melakukan intelejen awal untuk melihat scope situasi target sasaran. Langkah ini dikenal sebagai footprinting, yaitu:


1. Menentukan Scope Aktifitas / Serangan
2. Network Enumeration
3. interogasi DNS (domain name).
4. Mengintai Jaringan.
1. Menentukan Scope Aktifitas / Serangan
Pada tahapan 1 ini, kita perlu memperoleh sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan lokasi,berita akusisi, nomor telepon, kontak person ,e-mail address mereka, masalah privasi kebijakan keamanan yang di terapkan, link ke berbagai situs Web lain yang berhubungan dan lain-lain.
2.Network Enumeration
Network enumeration dilakukan untuk melihat domain yang digunakan oleh sebuah organisasi. Dengan menggunakan tools “whois” kita dapat melakukan kegiatan ini.. Untuk melakukan aksin tersebut bisa dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu :
A. Atau pun dengan cara ketik ping domain di terminal.
B. Kita juga bisa menggunakan perintah Whois. Dimana whois adalah suatu prosedur untuk mendapatkan informasi mengenai sebuah domain. Informasi yang bisa di dapat meliputi siapa pemilik Domain, dimana alamatnya, no telepon, alamat email, kapan domain ini di daftarkan dan kapan domain ini akan expired.
3. DNS Record
DNS Record adalah cara yang dilakukan dengan mengambil informasi Domain Name System (DNS). Selain beberapa informasi lainnya tentang pemetaan alamat IP dengan hostname. Salah satu cara yang mungkin agak mudah untuk melakukan zone transfer,pada masa lalu, bisa dilakukan dengan mudah menggunakan perangkat lunak nslookup .
4. Mengintai Jaringan
Langkah keempat atau terakhir dalam proses footprinting adalah melakukan pengintaian jaringan lawan,dalam bahasa Inggris-nya adalah network reconnaissance. Proses pengintaian dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak traceroute(di UNIX/Linux), atau menggunakan tracert (di Windows).
Traceroute merupakan perangkat lunak diagnostik yang pertama kali di kembangkan oleh salah satu sesepuh Internet yaitu Van Jacobson.Dengan mengakali parameter Time To Live (TTL) di paket IP agar setiap router yang dilewati mengirimkan berita ICMP_TIME_EXCEEDED, kita dapat memetakan rute yang diambil oleh sebuah paket dalam jaringan Internet.
Setelah mengetahui daftar alamat IP (IP address) dari berbagai host yang ada di target anda. Langkah selanjutnya adalah memetakan topologi jaringan, baik yang menuju ke target sasaran maupun konfigurasi internal jaringan target. Biasanya kita mengunakan software seperti traceroute maupun nmap.


EmoticonEmoticon