Tool Wajib bagi para Developer Web

  salam kali ini saya ingin sharing tentang tool apa saja sih yang saya pakai sebagai pengembang web. keberadaan tool ini tidak hanya memudahkan bagi para pengembang web, tetapi juga untuk kebutuhan mempercepat pekerjaan. tentu saja tool yang saya bahas disini adalah tool gratis.
oke daripada berlama-lama langsung saja saya bahas tool wajib bagi para developer web. antara lain adalah :
  • Cromium Browser. tool wajib bagi pengembang web. boleh pilih google chrome,chromium browser atauvivaldi, semuanya memberikan seabreak peralatan pengembang yang memudahkan pengembangweb untuk melakukandebugging pada system yang sedang dikembangkan. dan tidak bisa dipungkiri lagi saat ini pengguna dari chrome browser semakin menanjak. chromium browser dapat di download di www.chromium.org.
Tool Developernya Lengkap
Tool Developernya Lengkap
  • Web Developer, kalau sudah punya browser berbasis chromium. kita bisa menambahkan plugin yang bernama Web Developer. plugin chromium browser(dan semua turunanya termasuk google chrome, vivaldi dll) yang satu ini mampun memberikan berbagai shortcut untuk kebutuhan pengembangan. seperti menampilkab tampilan web dalam berbagai macam device dan ukuran layar, menambahkan css tertentu, mengubah tampilan gambar, menghilangkan dan menampilkan background dan lain sebagainya. tool ini dapat di download di Chrome Store.
Web Developer Bisa Menampilkan Web dalam Berbagai Ukuran
Web Developer Bisa Menampilkan Web dalam Berbagai Ukuran
  • Blisk, kalau merasachromium browser tidak cukup anda bisa menggunakan Blisk, merupakan Web Browseryang memang dikhususkan untuk para pengembang web. browser ini memberikan fasilitas untuk mengubah tampilan dan melihat previewdi berbagai macam device. baik mobile, tablet maupundesktop. sayang tool ini hanya tersedia versi Mac danWindows, untuk Linux akan segera menyusul. dapat didownload di blisk.io.
Tampilkan Blisk
Tampilkan Blisk
  • JSON Formatter, tool ini adalah kecil tapi sangat dibutuhkan. jaman sekarang bikin web, tentu kita butuh JSON, XML sudah jauh ditinggalkan. hampir semua komunikasi data dilakukan dengan bantuan JSON. untuk itu sangat perlu jika kita menggunakan JSON Formatter untuk memastikan bahwa format json yang kita buat benar. tool ini bekerja secara online dan dapat di akses di jsonformatter.curiousconcept.com.
JSON Formatter, dipakai untuk validasi format JSON
JSON Formatter, dipakai untuk validasi format JSON
  • Code Lite, kalau coding webbiasanya pakai apa, sublime, notepad++ ataukah atom. atau mungkin cuma notepadbiasa. well boleh sih, tapi saya sarankan untuk menggunakan IDE. karena dengan menggunakan IDE akan lebih mudah dalam manajemen data. auto complete pun bisa dipenuhi. sebagai contoh untuk auto complete class di PHP sublime dan atom masih belum bisa (terakhir kali saya pakai). saya sarankan pakaiCode Lite, kenapa karena dia memang sudah di design dari sana khusus untuk pengembangan web, tidak kurang dan tidak lebih. dia support mulai Node.js, jQuerydll. tool ini gratis tersedia untuk linuxwindows danmac, dapat di-download diwww.codelite.org .
Code LIte, Auto Complete-nya sangat membantu pekerjaan saya
Code LIte, Auto Complete-nya sangat membantu pekerjaan saya
sebenarnya dengan ke-lima tool ini kita sudah bisa bikin web dengan baik. tapi jika kebetulan anda menggunakan MySQL sebagai database, mungkin bisa ditambahkan dengan MySQL Workbench terutama yang meng-handle data besar. oke sampai disini dulu tulisan saya, saya sambung lagi lain waktu. Okey 


EmoticonEmoticon